Selasa, 01 April 2008

Bimbingan konseling


MENCAPAI KEMATANG DALAM KARIR

Bagi siswa yang mungkin tidak dapat atau tidak akan meneruskan pelajarannya ke perguruan tinggi perlu diberi bimbingan ke arah jabatan yang sesuai dengan bakat,minat dan kecakapannya.
Oleh karena itu dalam rangka bimbingan jabatan tersebut kepada para siswa perlu dikemukakan pertanyaan tentang jabatan atau pekerjaan yang dicita-citakannya. kalau ternyata siswa tersebut ingin mengambil suatu jabatan atau pekerjaan tertentu, maka perlu diketahui data yang ada tentang diri siswa tersebut yang berhubungan dengan syarat-syarat jabatan atau pekerjaan itu. biasanya guru pembimbing atau wali kelas juga telah mengetahui data tentang siswanya.
Tujuan bimbingan jabatan ialah agar para siswa nanti dapat memperoleh jabatan atau pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat, pendidikan dan cita-citanya.
tujuan pembimbing dalam hal ini ialah dimana pembimbing harus membantu memberi informasi tentang pekerjaan yang ada dalam masyarakat, orientasi umum tentang jenis-jenis dan syarat-syarat yang diperlukan, disesuaikan dengan data yang ada tentang siswa tersebut. selain pemberian informasi dapat juga dilakukan penempatan dalam jurusan yang sesuai, penempatan dalam kelompok pelajaran mayor dan mminor, pembentukan kelompok belajar dan kelompok kegiatan ekstra kulikuler dan sebagainya.
Selanjutnya para pembimbing perlu memberikan latihan-latihan(training) dan fasilitas kepada para siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah tentang kegiatan yang dapat membantu siswa dalam memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan, kemampuan dan keinginannya atau cita-citanya.
Pemilihan pekerjaan atau jabatan yang sesuai dengan kemampuan dan cita-cita siswa merupakan modal utama dalam mencapai ketenangan kerja dan prestasi kerja yang optimal. itulah sebenarnya tujuan bimbingan jabatan, yaitu agar tercapai orang yang tempat pada tempatnya.

Tidak ada komentar: